Jumat, 07 September 2012

Memulai usaha - Mau usaha Apa ?.

0 Comments

Kemarin, ada seorang teman yang baru saja resign dari pekerjaannya dan memutuskan untuk menjadi full time wife dan berpikir untuk mencoba memulai usaha.
Teman : "Teteh... pengen mulai usaha nih... ajak-ajakin usaha dunk!"  saya : "hoho... hayukk... mau usaha apa neng?". Teman : "Nah itu dia teh... bingung.. hehe..."
Its soo classical problem kayaknya yaa ^^.. mau usaha tapi bingung usaha apa yang sebaiknya dijalankan....

Well, sekarang saya akan coba paparkan apa aja yang sebaiknya dilakukan untuk memulai usaha (ciee... kayak yang udah jago beneer hehe.....)

Pertama, Cari Peluang Usaha!. haha... nyari tabloidnya? bisaa... ^^.
Peluang usaha bisa dilihat dengan cara mengamati diri sendiri, keluarga, teman atau bahkan masyarakat sekitar. Mengenali diri sendiri itu seperti melihat potensi apa yang ada didalam diri sendiri yang sekiranya bisa bermanfaat untuk orang lain dan dapat dijadikan sebagai jalan untuk menghasilkan uang.

(sumber : http://pinterest.com/pin/86905467779731171/)

Contoh, punya keterampilan dasar menjahit. Usaha memproduksi dompet kain sederhana atau bros bunga kain bisa dijadikan pilihan. Punya keterampilan meyakinkan orang ? hmm.. jadi penjual untuk produk tertentu bisa dicoba. Merasa tidak punya keterampilan apapun?? Coba ikut kursus keahlian tertentu saja dulu hehe.. semoga nanti ide peluang usahanya bisa muncul. 

Mengamati keluarga, teman atau masyarakat sekitar itu bisa dengan dua tujuan. Pertama untuk mengetahui apakah pada orang-orang sekitar kita ada yang memiliki potensi keterampilan tertentu yang bisa kita kerjasamakan sehingga akhirnya menjadi sebuah usaha (co. ada tetangga yang pernah bekerja di garmen, bisa kita coba ajak kerjasama untuk usaha butik). Kedua untuk mengetahui kebutuhan apa yang biasanya dibutuhkan oleh orang-orang sekitar kita dan keberadaannya sedikit sulit didapat (co. banyak pelajar disekitar yang menggunakan tas, namun ketersediaan tas lucu seperti tas "heejou" wkwkw.. sulit didapat.. teuteubb ^^ akhirnya coba jadi reseller tas heejou deh..#iklann pisaan.....^^).


(sumber : http://pinterest.com/pin/155163149632085547/)


Mencari peluang usaha ini bukan suatu proses yang mudah pada awalnya. Mungkin akan memakan waktu yang lama dan pemikiran yang cukup menguras emosi. Tapi setelah beberapa lama, mencari peluang usaha akan jauh lebih mudah dilakukan. Bahkan tanpa kita inginkan pun, ide-ide usaha seringkali bermunculan dengan sendirinya. Dan gak salah kalau pada akhirnya orang-orang terdekat akan bilang "dasarr otak duit, tiap ada apa-apa pasti kepikiran peluang usaha melulu!" wkwk... pengalaman bangets.

Kedua. Kalau sudah nemu beberapa peluang usaha, bikin listnya yaa. Cermati mana yang paling mungkin untuk dijadikan usaha. Tanya sama Allah SWT, tanya sama keluarga, dll kalau masih ragu. Setelah merasa yakin, bismillah... coba jalanin yuuuk ^^... You'll never knew what would you get until you try!

Gak usah takutin gagal, gak usah takutin rugi. Cukup coba jalanin aja sebaik mungkin. Coba silaturahmi sama orang-orang yang sudah lebih senior menjalankan bisnis. Contohnya kayak teman-teman di komunitas TDA. Minta tips n triknya. Ada masalah ditengah jalan? Itu mah biasa ^^, stres boleh tapi jangan lama-lama hehe.. tenang aja ada...

Naahh segitu dulu tulisan tentang memulai usaha ini.. sok ah mangga buat yang mau mulai usaha. Jangan ragu untuk coba. It's Fun, its thrilled wkwk...

0 komentar:

Posting Komentar